Yayasan IKAMaT dan PJB UP Muara Tawar Survei Lokasi Pembibitan Mangrove

Yayasan IKAMaT dan PJB UP Muara Tawar Survei Lokasi Pembibitan Mangrove

Bekasi – IKAMaT. Pada tanggal 12 – 13 Oktober 2016, Yayasan IKAMaT yang diwakili oleh Direksinya, Ganis Riyan Efendi dan Cahyadi Adhe Kurniawan bersama dengan PJB UP Muara Tawar telah melakukan kegiatan survei lokasi guna menentukan area pembibitan yang nantinya akan dikelola oleh kelompok masyarakat Pal-Jaya dan Pokmaswas Hiu Muara Tawar.

Hari pertama, kegiatan diawali dengan survei lapangan. Survei yang didampingi oleh kelompok masyarakat ini, dilakukan untuk mengetahui titik-titik yang tepat untuk pengembangan bedeng persemaian mangrove. Selain melihat secara langsung kondisi lapangan, tim juga berdiskusi mengenai kegiatan yang selama ini telah dilakukan oleh kelompok setempat.

Hari kedua, dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi guna menghasilkan rekomendasi terhadap hasil survei yang telah dilakukan. Pada sesi presentasi ini, IKAMaT memberikan gambaran umum mengenai teknik-teknik pembibitan yang selama ini telah dikembangkan oleh IKAMaT dan teori dasar dalam kegiatan pembibitan. Selain itu, IKAMaT juga memberikan rekomendasi desain tempat pembibitan yang bentuknya menyesuaikan dengan kondisi dilapangan.

“Untuk memaksimalkan hasil kegiatan nantinya, kami rasa perlu untuk diberikan sosialilasi kepada kelompok masyarakat mengenai teori dasar mangrove, termasuk didalamnya mengenal jenis, fungsi, manfaat dan teknik rehabilitasi mangrove. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan yang luas mengenai mangrove,” ujar Cahyadi saat sesi diskusi. “Kami berharap, dengan adanya kegiatan survei ini, PJB UP Muara Tawar dapat melaksanakan rencana programnya dengan optimal,” pungkasnya. (GRE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *