Maroon MEP, Taman Pendidikan Mangrove Terpopuler di Semarang

Maroon MEP, Taman Pendidikan Mangrove Terpopuler di Semarang

Pada tahun 2014, KeSEMaT juga bekerjasama dengan PT. Phapros Tbk., menginisiasi hadirnya tiga kelompok tani mangrove di Maron, Tawang Mas, Semarang.

Perkembangan positif diperlihatkan oleh masyarakat pesisir di Kelurahan Tawang Mas Kawasan Bandara Baru Ahmad Yani Semarang, setelah mendapatkan pengarahan untuk membibitkan mangrove dalam kegiatan Workshop Pembibitan Mangrove.

Daerah tersebut, kini sudah memiliki tiga kelompok tani mangrove. Kelompok tani mangrove tersebut adalah Marina Jaya Tani, Mekarsari, dan Taruna Tani yang di tahun 2015 melebur menjadi satu kelompok tani, yaitu Mekar Tani Lindung.

Kelompok Tani yang terbentuk ini akan memulai program pembibitan mangrove di bulan April 2014. Ketiga kelompok tani tersebut merupakan hasil inisiasi dari program kerjasama PT Phapros Tbk, Yayasan IKAMaT dan KeSEMaT dalam mengelola ekosistem mangrove di Kota Semarang.

Mulai tahun 2015, dikembangkan Maroon Mangrove Edu Park (Maroon MEP) yang berdasarkan penelitian terbaru menjadi ekowisata mangrove paling populer di kota Semarang.

Semoga saja, dengan terbentuknya para kelompok tani mangrove dan Maroon MEP ini, maka mangrove di pesisir Semarang dan Indonesia, secara perlahan bisa diselamatkan, demi masa depan yang lebih baik. (GRE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *