Ngebruk Mangrove Center, Pusat Kuliner dan Batik Mangrove Semarang

Ngebruk Mangrove Center, Pusat Kuliner dan Batik Mangrove Semarang

Didampingi oleh Yayasan IKAMaT, KeSEMaT membentuk warga binaan. Warga binaan KeSEMaT, sampai dengan sekarang sudah berjumlah enam kelompok warga binaan, yang terbagi menjadi dua kelompok ibu-ibu pengolah jajanan mangrove (Mas Jamang): Bina Citra Karya Wanita dan Bina Karya Sejahtera, satu kelompok pengrajin batik mangrove (Batik Bakau): Srikandi Pantura dan tiga kelompok tani pembibitan mangrove : Marina Jaya Tani, Mekarsari, dan Taruna Tani.

Daerah binaan KeSEMaT ada di dua lokasi, di wilayah Mangkang Wetan dan Tawang Mas, Semarang. Kami berkerjasama dengan PT. Indonesia Power sedang mencoba menginisiasi hadirnya Kampung Batik Mangrove Semarang (KBMS) dan Sentra Jajanan Mangrove Semarang (SJMS), yang dibantu oleh warga Mangkang Wetan.

Sementara itu, di Tawang Mas, KeSEMaT bekerjasama dengan PT. Phapros Tbk, menginisiasi terbentuknya kelompok tani mangrove dengan tujuan untuk membibitkan mangrove di Tawang Mas dan menyelamatkan pesisirnya.

Tak hanya di Semarang saja, dalam rangka mengimplementasikan program pengabdian masyarakat, maka KeSEMaT bergerak bersama dengan IKAMaT, CV. KeMANGI dan KeMANGTEER, juga menginisiasi program-program pemberdayaan masyarakat pesisir di Indonesia.

Pada tahun 2012, IKAMaT bersama dengan KeSEMaT telah membina dua kelompok masyarakat di Ngebruk, Mangkang Wetan, Semarang, untuk mengembangkan usaha kecil batik mangrove dan jajanan mangrove.

Mangkang Wetan, Semarang merupakan wilayah pesisir yang memiliki sumber daya alam yang bisa digali potensinya, untuk dikembangkan menjadi KBMS dan SJMS.

Dengan bantuan pendanaan dari PT. Indonesia Power Jakarta dan Semarang, maka program pengabdian masyarakat IKAMaT dan KeSEMaT ini, akan berjalan dalam jangka waktu satu tahun ke depan, sampai dengan pertangahan tahun 2013.

Dalam implementasi program SPMS dan KBMS ini, maka IKAMaT dan KeSEMaT juga dibantu oleh CV. KeMANGI dan KeMANGTEER sehingga diharapkan bisa menjangkau masyarakat dan jaringan yang lebih luas lagi, guna memasyarakatkan fungsi dan manfaat mangrove ke seluruh wilayah pesisir di Indonesia.

Kedepan, IKAMaT berencana mengembangkan Ngebruk Mangrove Center sebagai Pusat Kuliner dan Batik Mangrove Semarang.

Selengkapnya mengenai kuliner mangrove Mas Jamang dan batik mangrove Batik Bakau, dapat dilihat di website Mas Jamang www.masjamang.com dan Batik Bakau www.batikbakau.com. (CAK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *