Yayasan IKAMaT dan SEAMEO BIOTROP Lakukan Monev Program Penelitian Sister School

Yayasan IKAMaT dan SEAMEO BIOTROP Lakukan Monev Program Penelitian Sister School

Demak – IKAMaT. Pada tanggal 25 Oktober 2018, Yayasan IKAMaT bersama SEAMEO BIOTROP melalukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Program Penelitian di SMPN 3 Satu Atap Sayung dan SDN 1 Bedono. Program ini telah dilaksanakan sejak bulan April 2018 lalu dengan judul “Penelitian Kualitas Air untuk Budi Daya Perikanan dan Kandungan Kimia dalam Makanan Berbahan Dasar Mangrove”.

Dalam MONEV kali ini, Dr. Jesus C. Fernandez, selaku Deputy Director of Program di SEAMEO BIOTROP meninjau langsung lokasi penelitian, didampingi oleh Aditya S. B. (Manajer Riset) dan M. Faisal R. (Dirut).

“Penelitian ini merupakan program dari SEAMEO BIOTROP yang kemudian bekerja sama dengan Yayasan IKAMaT,” jelas Adit, selaku Koordinator Proyek. “Dalam penelitian ini, kami melibatkan siswa-siswi untuk dapat mengikuti proses penelitian. Ini akan menjadi tambahan pengalaman dan ilmu bagi mereka, dan kami melihat sangat positif untuk mereka. Ditambah lagi, siswa-siswi yang kami libatkan, sangat antusias selama proses berlangsung,” tambahnya.

“Selama melakukan proses pengambilan data, kami juga menemukan kendala selama penelitian berlangsung, yaitu faktor alam yang tidak bisa diprediksi, sehingga kami harus selalu beradaptasi terhadap kondisi ini. Namun, secara keseluruhan, Alhamdulillah, kami bisa menanganinya dengan baik,” ungkap Dirut.

Secara umum, MONEV kali ini, dilakukan untuk mengetahui persentase kegiatan yang sudah berhasil dilaksanakan dan untuk mengetahui hasil awal dari penelitian. Lebih lanjut, penelitian serupa akan dikembangkan lebih lanjut pada skala yang lebih spesifik. Penelitian ini juga akan menjadi baseline data untuk pengembangan sekolah kedepan.

“Sebagai informasi, riset ini merupakan rangkaian pengembangan program “Sister School” yang telah disepakati pada bulan bulan April 2017 tahun lalu,” kata Adit. “Besar harapan dari program penelitian ini adalah dapat membantu dalam pengembangan sekolah, baik SDM dan SDA,” pungkasnya. (ADM/GRE/AP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *