Rekaman Podcast Khusus Mangrove, IKAMaT Luncurkan Rovecast

Rekaman Podcast Khusus Mangrove, IKAMaT Luncurkan Rovecast

Semarang – IKAMaT. Satu lagi program IKAMaT yang resmi akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, yaitu podcast khusus mengenai mangrove. Disebut Rovecast yang merupakan singkatan dari Mangrove Podcast, program ini direncanakan akan diluncurkan di akhir Maret 2019. Ditemui di Sekretariat IKAMaT, Rohmat Kuslarsono, selaku koordinator Rovecast menjelaskan bahwa proses rekaman sudah dilakukan dan saat ini sedang dalam tahap pasca produksi.

Sebagai informasi, Rovecast merupakan hasil kerja sama antara IKAMaT dengan Kuslar Kreatif, Mangrove Map, MANGROVEMAGZ dan KeSEMaT.

“Kuslar Kreatif menyiapkan segala hal seputar teknis peralatan, konsep dan hal lainnya. Sementara itu dari Mangrove Map dan MANGROVEMAGZ selaku narasumber, juga berperan penting dalam membawa alur konsep tematik Rovecast ke pendengar,” jelas Rohmat. “KeSEMaT sendiri berperan sebagai sumber pustaka, mengingat Rovecast mengangkat ke permukaan segala hal berkaitan dengan studi literasi mangrove, berupa data dan fakta terukur, mulai dari hasil skripsi, tesis, disertasi, jurnal dan lain-lain,” tambahnya.

Selanjutnya, produksi Rovecast episode pertama juga sudah dilakukan, yaitu pada tanggal 11 Maret 2019 di Sekretariat IKAMaT. Setelah diluncurkan secara resmi di website dan media sosial IKAMaT dan afiliasinya, diharapkan kedepannya Rovecast dapat memberikan manfaat untuk masyarakat, terutama yang ingin mendapatkan data dan fakta riset mangrove terbaru.

“Salah satu tujuan Rovecast adalah ingin mencerdaskan masyarakat Indonesia dengan literasi mangrove yang baik,” jelas Rohmat. “Kami agak prihatin dengan banyaknya informasi mengenai mangrove di media sosial yang kurang mengedepankan data dan faktanya,” pungkasnya. (AP/GRE/ADM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *