IKAMaT Narasumber Workshop Penyusunan Buku Mangrove DLHK Provinsi Jawa Tengah

IKAMaT Narasumber Workshop Penyusunan Buku Mangrove DLHK Provinsi Jawa Tengah

Semarang – IKAMaT. Pada tanggal 19 Maret 2019, Yayasan IKAMaT yang diwakili oleh M. Faisal R. (Dirut) menjadi narasumber dalam acara Workshop Penyusunan Buku Informasi Mangrove Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Provinsi Jawa Tengah.

Acara yang diselenggarakan di Kantor DLHK Provinsi Jawa Tengah ini, dihadiri oleh kurang lebih 30-an SKPD Provinsi Jawa Tengah dan lembaga lingkungan lainnya. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi oleh 3 (tiga) narasumber.

Narasumber pertama dari Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang, yaitu Dr. Ir. Nana Kariada TM. M.Si yang memberikan materi “Potensi Kelompok Pelestari Mangrove dan Strategi Pengembangan di Provinsi Jawa Tengah.”

Kemudian dilanjutkan oleh M. Faisal R. dari IKAMaT yang memberikan paparan mengenai “Potensi Daya Dukung Lahan dan Strategi Pengembangan Ekosistem Mangrove di Jawa Tengah.”

Narasumber dan materi terakhir, yaitu mengenai “Potensi dan Strategi Pengembangan Wisata Mangrove Jawa Tengah” dari DLHK Provinsi Jawa tengah yang diwakili oleh Vyta Septikowati, S. Hut.

Secara umum, materi yang disampaikan merujuk pada konsep pengembangan wilayah, mulai dari pengelolaan mangrovenya, kelompok pengelolanya, hingga pemanfaatan wilayahnya menjadi daya tarik wisata mangrove.

Usai seluruh narasumber melakukan paparan, dilanjutkan dengan diskusi interaktif dengan peserta yang hadir. Acara yang diakhiri pada pukul 12.30 WIB ini, ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator dan doa. (ADM/GRE/AP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *