IKAMaT Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Direksi dan Karyawan Terkait Rehabilitasi Mangrove

Semarang – IKAMaT. IKAMaT melaksanakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Direksi dan Karyawan Terkait Rehabilitasi Mangrove yang merupakan agenda rutin dari IKAMaT, dengan tujuan untuk meningkatkan SDM dan membekali direksi dan karyawan pada saat terjun langsung ke masyarakat, dalam rangka mengimplementasikan proyek-proyek rehabilitasi mangrove bersama mitra kerja. Kegiatan yang diselenggarakan di Sekretariat IKAMaT ini, dimulai pada pukul 15.00 – 17.00 WIB. (26/10/21).

Suasana pelatihan peningkatan kapasitas.

Trainer kegiatan ini adalah Ganis Riyan Efendi, S.Kel, yang menyampaikan beberapa materi seputar pentingnya persiapan peta, survei lokasi, teknik penentuan jarak tanam, kondisi masyarakat dan pemilihan jenis mangrove, sebelum dilakukannya proyek penanaman mangrove.

“Pola pertumbuhan mangrove yang dilihat dari peta dari tahun ke tahun atau time series, bisa menjadi dasar untuk menentukan wilayah yang cocok atau tidak, untuk lokasi penanaman mangrove,” kata Ganis. “Inilah yang dapat kita sarankan kepada mitra kerja kita, pada saat di lapangan,” ujarnya lebih lanjut.

Faktanya, keahlian mangrove yang dimiliki oleh direksi dan karyawan IKAMaT, saat ini merupakan salah satu kunci keberhasilan IKAMaT dalam menjalankan proyek mangrove dan pemberdayaan masyarakat di pesisir Indonesia.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan peningkatan kapasitas ini, maka kedepannya IKAMaT akan dapat lebih optimal lagi dalam memberikan pendampingannya kepada mitra kerjanya,” kata Bagus R. D. Angga, selaku Direktur Program IKAMaT. “Hal ini, terutama dalam mengoptimalkan kelulushidupan bibit mangrove yang telah ditanam dalam proyek-proyek rehabilitasi kami di pesisir Indonesia,” pungkasnya. (BRDA/ADM).

Leave a Reply

Your email address will not be published.