IKAMaT Pembicara Pelatihan Mangrove di Demak

IKAMaT Pembicara Pelatihan Mangrove di Demak

Demak – IKAMaT. Pada tanggal 14 Maret 2017, Yayasan IKAMaT yang diwakili oleh Aditya Sukma Bahari (Divisi Program Yayasan IKAMaT) dipercaya untuk menjadi narasumber dalam acara Bimbingan Teknis Penganekaragaman Jenis Tanaman Mangrove Untuk Penghijauan Pantai yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah.

Selain dari Yayasan IKAMaT, narasumber lainnya, yaitu Wahyono yang merupakan sosok penggiat konservasi dan rehabilitasi mangrove dari Segara Anakan, Kabupaten Cilacap.
Kegiatan bimbingan teknis berlokasi di Balai Desa Tambak Bulusan, Kecamatan Karang Tengah, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah.

Acara ini dihadiri kurang lebih 25 peserta kelompok tani mangrove yang berasal dari Desa Tambak Bulusan. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Tambak Bulusan serta pemaparan tentang DLHK.

Materi pertama disampaikan oleh Aditya mengenai jenis – jenis mangrove yang ada di Indonesia serta manfaat mangrove. Dilanjutkan oleh Wahyono dengan materi perawatan dan pembibitan mangrove.

Peserta sangat antusias dengan materi yang dibawakan, masyarakat sangat interaktif dan dilibatkan dalam jalannya presentasi dalam pengenalan jenis mangrove serta pembibitan yang di paparkan oleh kedua pemateri.

Setelah dilakukan presentasi dilanjutkan dengan diskusi dan sharing ilmu tentang kondisi mangrove di Segara Anakan dengan Tambak Bulusan, jenis mangrove eksisting di Tambak Bulusan, serta kondisi lingkungan yang tepat bagi tumbuh kembang mangrove.

Setelah dilaksanakan materi ruangan, pemateri dan peserta melakukan pengamatan terhadap rencana lokasi pembibitan Aviceniaceae, Sonneratiaceae dan Rhizhophoraceae yang akan dilaksanakan oleh kelompok tani bersama DLHK Jawa Tengah. Diskusi dan tukar pikiran tentu menjadi hal yang menarik dalam melakukan pengamatan rencana lokasi. Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama. (WOW).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *