Pelajar SD N 1 Bedono Demak Terima Beasiswa IKAMaT

Pelajar SD N 1 Bedono Demak Terima Beasiswa IKAMaT

Demak – IKAMaT. Pada tanggal 27 Maret 2017, Yayasan IKAMaT telah menyelenggarakan program Beasiswa Anak Pesisir Indonesia (BAPI) 2017 dengan bentuk kegiatan Edukasi Mangrove dan Penyerahan Beasiswa. Program BAPI kali ini, dilaksanakan di SD Negeri Bedono 1 Demak.

BAPI diinisiasi oleh Yayasan IKAMaT bersama dengan AMaT, untuk membantu pengembangan karakter anak-anak pesisir di seluruh Indonesia, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Tujuan utama dari BAPI adalah untuk menyalurkan program donasi dalam bentuk beasiswa dan sarana menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar SD N Bedono 1, Demak, Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaannya, IKAMaT juga menggandeng KeSEMaT dan Alumni KeSEMaT (AMaT) sebagai tim pelaksana program BAPI.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini, diawali dengan edukasi mangrove melalui penyampaian materi mengenai pemanfaatan mangrove, dan perkenalan produk-produk olahan makanan berbahan dasar mangrove kepada siswa-siswi kelas 5 dan 6.

Usai pengajaran, acara dilanjukan dengan penyerahan BAPI kepada siswa-siswi kelas 5 dan 6 masing-masing peringkat 1,2 dan 3. Beasiswa diserahkan secara langsung oleh Dirut IKAMaT.

“Total siswa yang kami beri beasiswa adalah 6 siswa, masing-masing 3 siswa dari kelas 5 dan 6. Kami juga mengundang orang tua murid dalam penyerahan beasiswa ini secara langsung, yang bertujuan untuk memberikan kebanggaan tersendiri bagi orang tua yang anaknya menerima beasiswa,” ujar Fami A. B. selaku Koordinator Program BAPI 2017.

Acara penyerahan beasiswa diawali dengan sambutan dari M. Faisal R. (Dirut IKAMaT) dan Sutimin (Kepsek).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada IKAMaT yang telah memilih SD N Bedono 1 Demak sebagai penerima program BAPI 2017. Kami sangat berharap, program ini akan terus berlanjut dan tidak berhenti sampai disini. Besar harapan kami pula, kerja sama yang telah terjalin ini akan menjadi pionir bagi program IKAMaT lainnya di bidang pendidikan lingkungan anak pesisir di Indonesia,” ujar Sutimin selaku Kepala Sekolah.

Cahyadi A. K. (DirekturProgram) menambahkan, “Program BAPI 2017 ini, selain untuk mengapresiasi prestasi anak-anak pesisir di Indonesia, juga menjadi tempat kami untuk mengedukasi anak-anak pesisir di Indoensia mengenai lingkungan khususnya ekosistem mangrove di pesisir.”

Acara yang selesai pada pukul 11.30 WIB ini, diakhiri dengan doa dan foto bersama di halaman sekolah.

Program ini merupakan kegiatan perdana dari BAPI 2017 yang nantinya akan terus berlanjut tiap tahunnya. Harapan kami, kedepan program beasiswa ini bisa diberikan ke seluruh anak pesisir di Indonesia. (GRE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *