Press Release Beasiswa Anak Pesisir Indonesia 2017

Press Release Beasiswa Anak Pesisir Indonesia 2017

Semarang – IKAMaT. Menindaklanjuti program Donasi Alumni KeSEMaT (AMaT) bertajuk Mangrove for People, dengan ini diumumkan kepada masyarakat luas, bahwa Yayasan IKAMaT bekerja sama dengan Sekolah Dasar (SD) Negeri Bedono 1 Demak akan menyelenggarakan program Beasiswa Anak Pesisir Indonesia (BAPI) 2017 dengan bentuk kegiatan Edukasi Mangrove dan Penyerahan Beasiswa.

BAPI diinisiasi oleh Yayasan IKAMaT bersama dengan AMaT, untuk membantu pengembangan karakter anak-anak pesisir di seluruh Indonesia, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Rekan-rekan pers dan media yang ingin meliput kegiatan ini, dapat mencermati press release, di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas yang terdapat di daerah pantai tropis. Hutan mangrove mengandung sumber daya alam yang sangat melimpah dalam hal nilai ekonomis serta fungsi ekologisnya.

Fungsi hutan mangrove yang paling utama adalah sebagai pencegah abrasi, pencegah intrusi air laut, tempat perkembangbiakan flora dan fauna sehingga hutan mangrove senantiasa harus selalu dijaga kelestariannya.

Untuk itu, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas yang memiliki kapasitas serta keterampilan yang siap pakai untuk melaksanakan hal itu. Pendidikan sangat dibutuhkan oleh generasi penerus bangsa.

Dengan pendidikan, maka Indonesia akan memiliki sumber daya manusia yang mumpuni untuk kemajuan bangsa. Tak kalah penting, pendidikan juga akan menciptakan karakter manusia Indonesia yang cerdas, yang mampu bersaing dengan negara-negara lain di era global, sekarang ini.

Kami menyadari bahwa pendidikan lingkungan dan penyadaran akan arti pentingnya mangrove, harus dimulai semenjak dini, dengan harapan mampu menciptakan generasi yang melek mangrove dimasa depan.

Melihat kenyataan ini, maka Yayasan IKAMaT berusaha turut serta menyiapkan pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa. Kami memberikan beasiswa kepada para pelajar, mulai dari SD, SMP dan SMA yang berdomisili di kawasan pesisir Indonesia.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka Yayasan IKAMaT mengadakan program BAPI dengan bentuk kegiatan Edukasi Mangrove dan Penyerahan Beasiswa.

TUJUAN UMUM
Menyalurkan program donasi dalam bentuk beasiswa dan sarana untuk menumbuhkembangkan semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, umumnya kepada kalangan pelajar, khususnya kepada pelajar SD N Bedono 1, Demak, Jawa Tengah.

TUJUAN KHUSUS
Memberikan bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa dan memberi pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SD N Bedono 1, Demak, Jawa Tengah.

DESKRIPSI KEGIATAN
Acara akan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 27 Maret 2017. Kegiatan akan dimulai dengan edukasi mangrove melalui penyampaian materi mengenai pemanfaatan mangrove, dan perkenalan produk-produk olahan makanan berbahan dasar mangrove.

Selanjutnya, kegiatan akan dilanjutkan penyerahan secara simbolis beasiswa kepada siswa terpilih yang berprestasi di kelas 5 dan 6.

JADWAL KEGIATAN
Berikut ini adalah jadwal kegiatan BAPI 2017:

Pengajaran Mangrove dan Penyerahan Beasiswa
Hari/tanggal: Senin, 27 Maret 2017
Waktu: 09.00 s.d 12.00 WIB
Tempat: SD N Bedono 1, Demak

SUSUNAN ACARA
Persiapan Panitia: 08.30 – 09.00 WIB
Pembukaan: 09.00 – 09.10 WIB
Pengajaran: Mangrove 09.10 – 11.00 WIB
Penyerahan: Beasiswa 11.00 – 11.30 WIB
Penutupan dan Foto Bersama: 11.30 – 12.00 WIB

KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan BAPI 2017, dapat ditujukan kepada:
Fahmi A. B. HP +6281212834834
Koordinator Program BAPI 2017

IKAMaT merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan penelitian mangrove di pesisir Indonesia.

Sekretariat Yayasan IKAMaT
Jalan Bumi Wanamukti Blok I3/19
Semarang 50276 Jawa Tengah – Indonesia
P. +6285740100983
E. info@ikamat.org W. www.ikamat.org

Demikian press release ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat membantu memberikan solusi terhadap pendidikan bagi anak pesisir serta memberikan pembelajaran, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *