IKAMaT dan Pertamina Luncurkan Dua Buku Mangrove

IKAMaT dan Pertamina Luncurkan Dua Buku Mangrove

Bekasi – IKAMaT. IKAMaT dan PT. Pertamina Asset 3 Tambun Field resmi meluncurkan dua buah buku mangrove yang berjudul Jenis Burung dan Komposisi Mangrove di Desa Pantai Mekar dan Pantai Harapan Jaya, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Barat yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, termasuk ekosistem mangrove. Sebagai perusahaan minyak dan gas yang beroperasi di kabupaten ini, Pertamina telah bekerja sama dengan IKAMaT untuk melakukan berbagai kegiatan terkait keanekaragaman hayati yang terkait ekosistem mangrove.

Kegiatan yang dilakukan selama pertangahan hingga akhir tahun 2016 ini, untuk mengetahui dominansi, struktur, komposisi dan keanekaragaman ekosistem mangrove dan hubungannya dengan lingkungan sekitarnya. Data dari kedua buku ini merupakan data yang dihimpun dari studi keanekaragaman hayati dan jenis burung di dua desa, yaitu desa Pantai Mekar dan Pantai Harapan Jaya.

“Dalam pengerjaannya, kami dibantu oleh Adik-adik dari KeSEMaT dan Haliaster UNDIP yang memang memiliki keahlian di bidang identifikasi mangrove dan burung,” jelas Cahyadi A. K., selaku Direktur Program IKAMaT. “Kami berharap, buku ini akan dapat memberikan gambaran kepada siapa saja yang berminat untuk mengetahui secara lebih dekat mengenai ekosistem mangrove di Muara Gembong, terutama di kedua desa,” tambahnya.

Bagi yang ingin membaca hasil kajian IKAMaT dan Pertamina di kedua buku ini, maka Anda dapat mengunduhnya di website IKAMaT ini, di halaman DOWNLOAD. (GRE).

One thought on “IKAMaT dan Pertamina Luncurkan Dua Buku Mangrove

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *